Tuesday, May 1, 2012

Dwarf KeesHond (pomeranian), Small KeesHond (small german spitz) and medium keeshond (Standard german spitz)


Negara asal         : Jerman
Fungsi awal         : pengusir hewan liar dan sahabat manusia.
Tinggi tubuh:
Dwarf Keeshonds (Pomeranian)                         : max 22 cm
Small Keeshond (small herman spitz)                  : 23 – 28 cm
Medium Keeshond (Medium herman spitz)         : 29 – 36 cm
Warna yang dimiliki :
Dwarf Keeshonds (Pomeranian)                         :putih,coklat,hitam, biru, orange, abu/cream
Small Keeshond (small herman spitz)                  : putih, coklat, hitam, orange, abu2
Medium Keeshond (Medium herman spitz)        : putih, coklat, hitam, orange, abu2
Sebenarnya, pada awal nya, pom adalah anjing yang besar dan putih. Yang menyebabkan pom ini menjadi kecil dan berwarna warni adalah ratu Victoria di Inggris. Beliau ingin menjadikan pom menjadi kecil. Berat awal pom yang besar adalah lebih dari 15kg. Sekarang ia sudah menjadi sangat lucu dengan berat yang sangat ringan, sekitar 2-3 kg. Pom yang kecil, merupakan perkawinan anjing antara alaskan malamute, samoyed, siberian husky, dan case hound
Sifat pom ini sangat ceria, aktif, energik, pandai, dan mau belajar. Mereka sangat setia pada majikannya, selalu mengikuti kemana majikannya pergi, dan sangat talkactive alias cerewet! Meskipun kecil, tapi jika ia diganggu anjing lain yang lebih besar, ia akan melupakan ukuran tubuhnya, dan balik menyerang mereka. Pom selalu waspada terhadap pendatang baru, namun sangat senang jika majikannya datang dan mereka pasti akan menyambutnya. Pom tidak cocok berada di dekat anak kecil, karena pom akan menjadi stress bila berada di dekat anak kecil.
Pom punya perut yang langsing, kaki yang kuat dan bundar seperti kucing, dan juga ekor panjang yang melengkung ke atas. Meskipun ekornya ini kecil, namun terdapat banyak bulu, sehingga terlihat sangat indah. Pom punya moncong yang tidak terlalu panjang. Telinganya berbentuk segitiga dan tegak ke atas, jarak antar dua telinga pun lumayan dekat. Bentuk kepala nya juga lumayan besar. Tubuhnya ditutupi banyak bulu, sehingga terlihat besar, namun tubuh yang sebenarnya akan terlihat saat mandi, karena bulunya akan mengempis saat terkena air.
Bulu pom sangat tebal dan panjang. Bulu yang terdapat di bagian leher dan bahu pom, lebih panjang dari lainnya. Wajah, telinga, dan bagian perut nya tertutupi oleh rambut yang pendek. Warna matanya bervariasi, namun pada umumnya berwarna gelap.
Walaupun pom punya banyak rambut, namun membutuhkan perawatan yang sedikit. Setiap 2 minggu, anda harus menyisirnya dengan sikat yang kasar. Namun, penyisiran setiap hari diperlukan saat pergantian bulu. Namun pada saat biasa, mereka tidak membutuhkan penyisiran, malahan kalau terlalu sering menyisir, lapisan bawah bulu pom akan menjadi rusak. Selalu potong kuku pom secara teratur dan jaga kebersihan giginya.
Untuk melatih pom menjadi pandai, tidaklah sulit. Pom sangat pandai, dan bisa mempelajari sesuatu dengan cepat. Satu hal yang pasti, adalah pom sangat suka menggonggong. Hal ini harus dilatih, jadi mereka hanya akan menggonggong saat bel pintu berbunyi, atau saat ada tamu. Membawa anjing ini jalan2 sejak mereka masih kecil juga hal yang baik. Mereka menjadi mudah beradaptasi dengan hewan lain atau anak-anak.
Anjing tipe ini sangat suka di ajak jalan-jalan. Semakin sering diajak jalan-jalan, maka pom akan menjadi lebih senang menemanimu kemanampun kamu pergi. Namun jangan membawanya ke pusat keramaian, karena pom sangat tidak menyukainya. Anjing ini tidak suka menjelajah, mereka lebih suka berjalan di dekat pemiliknya. Pom juga cocok untuk dipelihara di rumah yang sempit seperti apartemen. 
Thanks for reading^^


No comments: