Friday, May 25, 2012

Basset Hound


Negara asal         : Inggris
Fungsi awal         : mencari buruan dengan indra penciuman
                Basset Hound, adalah anjing yang pendek, panjang, dan mempunyai kulit yang kalau kita lihat, tidak menempel pada daging, sehingga sedikit bergelambir. Kaki Basset, sangat kuat dan tebal walaupun pendek. Basset hound pernah menjadi ikon majalah di Amerika karena kepopulerannya di tahun 1915.
                Tinggi dari basset, hanya sekitar 33-38 cm. Namun beratnya, bisa seberat anjing dengan ukuran yang lebih besar dari nya. Saat melihat untuk pertama kali, saya tidak tahu kalau ini adalah basset hound, saya pikir anjing ini adalah jenis hush puppies, karena memang anjing ini digunakan sebagai ikon di merk fashion hush puppies.
                Pada bagian muka, anjing ini mempunyai yang “panjang2”..hehehe.. moncong panjang, dan basset dinobatkan sebagai anjing dengan kuping terpanjang. Kalau dilihat dengan tubuhnya yang pendek, basset tidak cocok mempunyai telinga sebesar itu, dan kadang telinga nya bisa sampai ke lantai. Telinga yang besar dan panjang, pastinya sangat berat, oleh karena itu basset memiliki muka yang selalu terlihat sedih karena telinga nya yang berat sehingga membuat mata nya turun.
                Walaupun muka nya terlihat sedih, namun anjing ini tipe anjing ceria. Lembut, dan bisa bersosialisasi.Mereka akan menggonggong dengan pendatang baru, namun mudah bersosialisasi sih. Namun suara anjing ini nge bass dan berat, jadi pastikan anjing ini tidak menakuti tamu.Anda jangan berharap untuk melatih anjing ini menjadi anjing yang pandai, karena mereka sangat bandel.
                Untuk memelihara anjing pendek ini, ternyata dibutuhkan space yang luas lho.. karena indra penciumannya yang tajam, dan mereka mempunyai naluri berburu, maka mereka akan mencari kemanapun asal bau yang mereka cium.
                Untuk merawat anjing ini, sebenarnya simple. Namun karena telinganya lebar, anda harus membersihkan telinga mereka 1 minggu sekali. Telinga yang panjang dan besar membuat nya mudah kotor, dan jika tidak dibersihkan maka akan bisa menimbulkan masalah kesehatan telinga. Untuk mengembangbiakkan anjing ini termasuk agak sulit karena banyaknya masalah kesehatan yang dimiliki oleh basset. Kalau bisa, jangan pernah meninggalkan anjing tipe ini sendirian di rumah, karena mereka sangat tidak menyukainya. Lebih baik di beri 2 basset di dalam rumah bila anda sering meninggalkan nya sendiri di rumah.

No comments: