Monday, May 14, 2012

Beagle


Asal Negara        : Inggris
Fungsi awal         : berburu kelinci
                Anda pasti tahu beagle kan?? Anjing ini lumayan populer di kalangan masyarakat. Entah dari film underdog, atau warna nya yang khas (putih, coklat, hitam), atau snoopy ??!! Kartun Snoopy, yang merupakan kartun jadul, sebenarnya terinspirasi dari anjing beagle. Believe it or not..wkwkw
                Tinggi anjing ini minimal adalah 32 cm dan tinggi maximum saat dewasa adalah 41 cm. Berat badannya hanya 10 sampai 14 kg. Sudah di tulis di awal paragraf tadi bahwa warna beagle adalah putih, coklat, dan hitam, namun pada dasarnya beagle lebih dominan putih daripada warna lainnya. Mata nya berwarna hitam atau warna lain yang gelap.
                Beagle termasuk anjing yang lumayan besar, dan tubuhnya proporsional. Moncong nya termasuk panjang, dan kepalanya bebas dari kerutan. Hidungnya berwarna hitam, dan telinganya bundar serta besar, sehingga bisa mencapai ujung hidung mereka jika ditarik. Untuk bagian badannya, beagle mempunyai kaki yang kuat, dengan ekor yang lurus dan tinggi.
                Jika di film-film kepolisian sering menggunakan anjing jenis German Sherpherd, maka baru-baru ini, beagle dinobatkan sebagai anjing kepolisian juga. Sudah tidak diragukan lagi, indra penciumannya sangat tajam, dan mereka sangat pintar, walaupun untuk anjing kepolisian, mereka sama sekali tidak menakutkan sih.. hehehehe... memang  keistimewaan anjing ini adalah pada hidungnya,  sekali dia mengendus, bau itu akan dihafalnya bahkan sampai bisa beberapa tahun.
                Sifat dari anjing ini sudah dapat ditebak dari raut mukanya, mereka ramah, dan dapat bersosialisasi dengan hewan lain, dan dengan anak-anak. Jadi, jika ingin menjadikan beagle sebagai anjing keluarga, hal itu merupakan pilihan tepat. Namun, sifat lain dari anjing ini adalah periang, mereka suka berlari, menggonggong, dan melolong. Ciri khas dari beagle adalah mereka bisa mengeluarkan 3 jenis gonggongan, yang tentunya mereka keluarkan dalam kondisi yang berbeda-beda.  Dengan mengetahui sifat yang demikian, saya sarankan untuk tidak memelihara beagle di tempat yang tetangga nya suka kedamaian, termasuk kos dan apartemen. Hehehe..
                Untuk masalah kesehatan, anjing ini tidak mudah sakit, mereka sangat sehat. Meskipun demikian, mereka membutuhkan perawatan yang agak merepotkan karena mereka suka berkubang di tempat yang  baunya menurut mereka enak, sehingga kita akan sering memandikannya. Namun jika beagle anda tidak suka neko-neko, maka perawatannya akan menjadi sedikit, penyisiran perlu dilakukan sangat sedikit, karena bulu mereka pendek.
                Beagle adalah tipe anjing pemburu (pemburu kelinci) dan juga cocok untuk dijadikan anjing rumahan. Jika anda telaten untuk mengajari mereka dengan sangat sabar dan rutin, maka beagle ini bisa melakukan banyak hal, jadi bisa dikatakan anjing ini anjing yang pandai. Tidak perlu khawatir untuk mengajarkan berbagai ilmu kepada mereka, dan karena itu, anda bisa menaruh expetasi yang tinggi kepada anjing beagle ini. 

No comments: