Tuesday, May 8, 2012

Chow - Chow


Chow - Chow


Asal negara         : China
Fungsi awal         : menemani manusia berburu
                Chow-chow adalah anjing yang memiliki tubuh yang padat berisi, proporsional, dan bentuknya menyerupai singa. Ekornya naik ke atas seperti pom, dan menyentuh punggungnya. Anjing jenis ini memiliki punggung yang pendek dan kuat, serta memiliki pinggang yang powernya besar. Panjang chow-chow itu sedang, tidak terlalu panjang, dan memiliki tulang yang bagus. Kaki chow-chow ini termasuk kecil, jarak antar kaki rapat dan kakinya bundar (seperti kucing). Wajah chow-chow termasuk flat dan lebar. Mereka juga mempunyai mata yang sipit yang berbentuk seperti kacang almond (sesuai orang di daerah asalnya...wkwkk). Telinganya kecil dan tebal dan bundar pada bagian ujungnya. Bagian wajahnya agak condong ke depan, sehingga chow-chow seperti menunjukan wajah cemberut. L
                Saat berdiri, tinggi tubuh chow-chow sekitar 48-56 cm, hal ini menunjukkan bahwa chow-chow termasuk anjing yang lumayan besar. Chow-chow memiliki 2 tipe bulu. Yang pertama adalah rambut panjang yang terkenal, dan kebanyakan orang memelihara chow-chow berambut panjang ini. Bulu nya yang panjang ini tumbuh sangat banyak dan sangat lebat. Bulu bagian luarnya agak kasar, sedangkan pada bagian dalamnya lembut dan seperti wol. Bulu pada bagian leher mereka tumbuh lebih panjang dari yang lainnya. Sedangkan chow-chow yang berbulu pendek, bulunya lurus, padat, dan berdiri, dan seperti beludru. Pada bagian leher tumbuh sama panjang dan lebat seperti bagian tubuh yang lainnya.
                Satu keunggulan atau keistimewaan dari chow-chow adalah warna lidahnya yang berwarna kehitaman. Tidak hanya lidanya, namun langit-langit dan gusi di mulutnya pun juga berwana kehitaman. Chow-chow memiliki beberapa macam warna, yaitu merah, hitam pekat, biru, dan cream. Namun, kebanyakan orang memelihara chow-chow yang berwarna merah dan hitam. Mata chow-chow selalu berwana gelap.
                Karakter anjing ini cukup unik. Mereka ini tenang, dan bermartabat. Mereka juga setia dengan pemiliknya. Chow-chow cenderung suka melakukan hal yang mereka sukai dan tidak suka dikekang. Namun, chow-chow ini termasuk galak. Mereka sangat mewaspadai pendatang baru dan dan selalu ingin melindungi majikan mereka. Anjing jenis ini tidak bisa berteman dengan sembarang orang. Mereka suka pilih-pilih dan terlihat sangat berani ketika mereka dipanggil. Chow-chow akan lebih suka jika ia lebih dominan dari anjing lain. Walaupun tidak ramah dengan semua orang, namun anjing ini mudah akrab dengan anak-anak. Chow-chow tidak akan menyakiti hewan peliharaan lain seperti kucing dan lainnya saat sudah diperkenalkan terlebih dahulu.
                Bulu anjing chow-chow yang panjang dan lebat menyebabkan ia membutuhkan banyak perawatan, terutama pada bagian rambut yang mudah rontok. Biasakan kebiasaan merawat anjing anda dari kecil, sehingga saat menyisir, tidak perlu kejar-kejaran terlebih dahulu. Walaupun bulu chow-chow tidak mudah rontok, namun perlu sering disisir, apalagi saat pergantian bulu. Jangan lupa untuk memperhatikan kuku mereka supaya tetap pendek.
                Chow-chow sangat cocok tinggal dengan orang yang kalem. Jika anda ingin melatih chow-chow, jangan berharap expetasi yang terlalu tinggi, karena chow-chow sangat bandel dan selalu bertindak sesuai yang diingini. Melatih hal-hal sederhana tentunya bisa asal rutin dan telaten. Namun untuk tingkat sangat pandai, sepertinya agak sulit. Walaupun pembawaannya tenang, anjing ini suka berada di luar dan bermain saat musim panas. Memelihara chow-chow tidak membutuhkan rumah yang besar, namun mereka perlu diajak jalan-jalan secara rutin. Chow-chow itu suka menemani majikannya kemana ia pergi, dan sangat cocok untuk orang yang suka ketenangan.

sumber gambar:
http://animal-world.com/dogs
http://www.flickr.com/photos/tltan/2214258220
http://bestdogsbreeds.com/chow-chow-breeds-informations.html
http://www.google.co.id/imgres?http://www.wallcoo.net/animal

3 comments:

Jessi93 said...

hehee..berart aq cocok y pelihara chow2..=3?

Melly Cahyani said...

kok isa cocok?

Unknown said...

Mantap