Wednesday, May 23, 2012

Labrador Retriever


Asal Negara        : Amerika Serikat
Fungsi awal         : menangkap buruan unggas air
Labrador retriever, jenis anjing yang paling favorit untuk orang Amerika. Sebenarnya, labrador adalah anjing yang dikecilkan dari newfoundland. Meskipun sudah dikecilkan, namun labrador nggak kecil lho.. Seperti namanya, anjing newfoundland berasal dari newfoundland, dan nama labrador, diambil dari laut di dekat newfoundland, yaitu labrador sea.
Tinggi labrador saat dewasa bisa mencapai 56-57cm, dengan berat 25-30 cm. Waktu kecilnya, sekitar umur 2 bulan, aku susah membedakan antara golden retriever dan labrador retriever karena keduanya mirip. Salah satu ciri khas dari anjing ini adalah bulunya pendek, dan polos. Ada 3 warna, yaitu kuning, coklat, dan hitam. Warna paling favorit adalah kuning, dan memang warna kuning memperlihatkan bahwa anjing itu ramah dan tidak galak. Sedangkan warna coklat adalah yang paling jarang ditemui. Kalau yang warna coklat, hidungnya pun juga berwarna coklat lho.. ehehehe..
Tubuh labrador retriever terbentuk sangat kuat karena pinggangnya juga kuat. Panjang ekor nya medium, tapi pada dasarnya sangat tebal (ingat sup buntut..wkkwk). Kaki labrador memang dirancang untuk berenang di air, oleh sebab itu, telapak kakinya menyatu. Satu hal keunggulan dari labrador adalah mereka merupakan anjing yang mempunyai loncatan pada air paling jauh. Bisa mencapai 27 kaki. Anjing tipe ini juga sangat senang berlari.
Labrador retriever adalah tipe anjing yang sehat. Namun memang pada bagian kaki, sendi, dan pangkal paha sering terjadi cidera, dan rasanya sakit sekali. Pada bagian mata juga kalau sudah tua, ada yang buta. Namun untuk organ yang lain, anjing ini termasuk sehat, tidak ada problem. Umur Labrador retriever, diperkirakan antara 12 sampai 13 tahun.
Karakter dari labrador sudah bisa terlihat dari wajahnya. Ramah, mudah bersosialisasi, dan tidak bermasalah jika didekatkan dengan anak-anak. Bahkan, untuk berteman dengan hewan lain pun bisa. Labrador retriever adalah anjing yang mudah di latih, dan gampang nurut. Sama seperti golden retriever, saat bermain lempar tangkap bola, labrador menangkap dengan cepat, tapi halus, sehingga saat mengambil telur pun, telur nya tidak pecah. Hal ini dikarenakan mereka memiliki soft mouth.
Jika anda ingin memelihara anjing ini, sebaiknya anda memiliki rumah yang luas, karena sewaktu anjing ini muda mereka sangat suka berlari. Tapi untuk dipelihara di Indonesia, tidak menjadi masalah untuk anjing ini, mereka cocok untuk segala cuaca. Jika anda berminat untuk memelihara anjing ini, percayalah, labrador retriever adalah sahabat yang baik J

2 comments:

onlineseller said...

Thx infonya. Pas banget saya baru dapat anjing labrador coklat :D

Anonymous said...

aku juga punya...warna coklat ke kuning emas (gold)....tidak murni 100% labrador...uniknya kalo habis diajak jalan2 ia langsung menuju ke bak air minum dan berendam...trus lari2 di ruangan ...