Tuesday, May 1, 2012

Dalmatian


Negara Asal        : Kroasia
Fungsi awal         : anjing pembawa barang, penjaga kandang ternak.
Ukuran                 :
·         Tinggi    : 56 -61 cm
·         Berat     : 24 – 32 kg
Dalmatian mempunyai tubuh yang sangat kuat. Ekor nya berbentuk seperti akar yang meruncing di bagian ujungnya. Kaki dalmatian berbentuk seperti kucing yang bundar dan jari kaki nya rapat.  Dadanya tidak begitu lebar seperti Shiba Inu. Tulang tengkorak dalmatian berbentuk rata, sejajar dengan telinganya. Di bagian kepala, tidak ada kerutan sama sekali. Mocongnya panjang dan kuat. Telinganya berbentuk segitiga mengarah ke bawah, dan tipis. Mata mereka sangat bagus, besarnya sedang, berwarna terang, dan mengandung banyak expresi. Dalmatian mempunyai gigitan mirip gunting.
Bulu dalmatian ini pendek, keras, lembut, sangat rapat, dan mengkilap. Warna tubuhnya hanya hitam dan putih, tapi tidak kotak-kotak seperti catur, namun berbentuk lingkaran yang biasanya berdiameter 2-3cm. Biasanya pemilik dalmatian selalu ingin punya anjing yang bertotol banyak, ini menandakan berapa banyak keberuntungan yang didapat dari anjing tersebut. Dalmatian mempunyai totol di seluruh tubuhnya, termasuk di bagian mulut (rongga mulut dan lidah), dan percaya atau tidak, dalmatian pada saat baru lagir, mereka berwarna putih polos, dan tidak punya totol. Baru 1 minggu setelah lahir, totolnya muncul. 

Untuk sifat nya, mereka cenderung punya semangat yang tinggi, suka berlari dan sangat nakal waktu berumur 1 tahun (curcol..hehehe). Mereka sangat friendly, dan pandai. Saking pandainya, mereka terkadang tidak menghiraukan panggilan kita, dan hanya fokus terhadap apa yang mereka pikirkan. Dalmatian mempunyai memori yang baik, bahkan paling baik dari semua anjing. Mereka bisa mengingat kejadian beberapa tahun yang lalu. Anjing tipe ini sangat protektif terhadap majikannya, mereka bisa menyerangmu jika kau dianggap mengancam keselamatan majikannya.
Menurut buku yang saya baca, dalmatian sangat pandai bersosialisasi dengan anak-anak dan hewan lain. Namun sayangnya kenyataannya berbeda. Dalmatian punya ku sangat membenci anak kecil, dan mereka sangat hormat dengan orang dewasa. Jika ada anjing kecil atau kucing, mereka akan langsung menjadi ganas. Ia juga hewan yang pandai menangkap tikus. Semasa hidupnya selama 11 tahun sudah banyak tikus yang ia tangkap di rumahku, mungkin sekitar 20 tikus. Hehehehe..

Untuk melatih dalmatian, tidaklah sulit. Tapi anda harus bersabar, karena memang dalmatian itu keras kepala. Ada baiknya di ajak jalan-jalan, tidak usah setiap hari tidak apa-apa. Berenang, bermain, dan berlari, akan membuat anjing ini senang.
Dalam perawatannya, dalmatian tidak merepotkan sama sekali, tidak perlu disisir dan hanya di mandikan. Bulunya banyak yang rontok, namun karena tebal dan berat, bulunya tidak berterbangan di seluruh rumah.
Dalmatian cocok dipelihara di rumah yang besar dan mempunyai taman. Mereka tidak cocok untuk dipelihara di dalam rumah yang sempit seperti apartemen.

 (gambar di sebelah kiri ini adalah dalmatian ku... hihihi.. banyak banget ya totolnya^^)

1 comment:

hendry said...

Bro,...
mau tanya dongk ( mudah2han blog ini masih aktif)

Aku punya dalmatian, dan problemnya, bulunya rontok sedikit demi sedikit. Umurnya memang belum setahun sehingga warnanya masih domibnan putih.

Kenapa ya bulunya rontok. kami memberikan makanan nasi + kepala/ceker ayam

ini fotonya

http://latteung.com/my-dalmatian-macy.html

mohon share pengalamnan ya...