Friday, May 11, 2012

Siberian Husky


Asal negara         : Siberia               
Fungsi awal         : menarik kereta es
                Siberian husky, anjing yang sangat populer di kalangan masyarakat umum, mungkin karena bentuknya yang seperti serigala. Pengambilan nama siberian husky, diambil dari nama asal daerahnya, Siberia, namun anjing ini menyebar ke Alaska sesuai dengan berjalannya waktu.  Anjing ini sebenarnya hanya cocok untuk dipelihara di tempat yang penuh dengan salju. Dipelihara di negara beriklim subtropis saja tidak cocok, apalagi di negara tropis seperti Indonesia. Jadi untuk saran, jika mau memelihara anjing ini, harus full ac supaya anjing ini tidak kepanasan, karena kaki mereka cocok untuk berjalan di es, dan bulunya sangat tebal. Siberian husky pun bisa hidup di dalam suhu -50 derajat celcius.
                Bulu dari siberian husky ini ada 2 lapisan. Lapisan luar dan dalamnya sangat lembut dan halus. Namun bulu bagian dalamnya padat, sehingga diperlukan penyisiran yang rutin supaya bulunya tidak menggumpal. Bagian mata dari siberian husky sangat mencolok. Ada yang berwarna biru, ada yang abu-abu. Kebanyakan sih berwarna abu-abu, namun kalau yang keren sih yang berwarna biru. Terkadang, mata siberian husky juga ada yang tidak simetris, yang satu berwarna abu-abu, satunya berwarna biru, namun hal itu tidak menjadi masalah.
                Apa anda pernah menonton film eight below? Pemeran dari film itu tidak lain adalah siberian husky. Anjing ini mempunyai tinggi sekitar 51-56 cm, dan beratnya sekitar 20-27 kg. Kakinya tidak begitu besar, dan mempunyai telapak kaki yang jari-jari nya sangat compatible untuk digunakan berlari di es.
                Seperti yang nampak di film atau video, siberian husky memang bersahabat. Mereka mempunyai energi yang sangat besar dan mempunyai insting untuk berburu yang tinggi. Anjing tipe ini, walaupun terlihat galak, namun tidak mudah curiga terhadap orang lain. Husky ini tidak berbahaya bila dicampur dengan anjing jenis lain, karena kemungkinan bertengkarnya kecil, namun jika dalam satu rumah memelihara kucing, ayam atau kelinci, maka hal itu menjadi berbahaya, karena siberian husky masih memiliki insting berburu yang sangat kuat. Tetapi tidak usah khawatir, anjing tipe ini bisa bersosialisasi dengan anak-anak.
                Satu keunikan yang dimiliki siberian husky adalah bahwa mereka ini sangat sering melolong. Beberapa orang mengatakan bahwa siberian husky memang tidak bisa menggonggong, namun saya pernah menemukan anjing jenis ini yang bisa menggonggong. Jika anda lihat video siberian di youtube, ada siberian yang bisa menyanyi dengan melolong, atau menirukan kata-kata orang. Salah satu video yang sering saya lihat adalah video miskha yang diposting oleh gardea23.
                Jika anda ingin melatih siberian husky, anda memerlukan kesabaran extra, karena memang anjing ini seperti dalmatian yang mempunyai keinginan keras, sehingga susah untuk memecah konsentrasi terhadap apa yang mereka amati.
                Fungsi awal anjing ini adalah penarik kereta, oleh sebab itu, dada dari siberian husky ini kuat. Namun ada beberapa penyakit yang biasa diderita oleh siberian husky, yaitu masalah pada pinggul dan masalah mata.
                Siberian husky sangat aktif, sehingga anda membutuhkan rumah yang besar apabila ingin merawat mereka.  

                

4 comments:

Jessi93 said...

heehe..suka2 <3
kurang banyak pembahasannya, mel.. >0<

Melly Cahyani said...

udah habis bahan yang dibahas.. kurang apa lagi emange?

Ribut Hariadi said...

Sangat bersahabat banget siberian husky..

Ribut Hariadi said...

Sangat bersahabat banget siberian husky..