Tuesday, May 1, 2012

Akita Inu

Asal Negara        : Jepang
Fungsi  awal        : berburu, melindungi serta menemani anjing bangsawan
Ukuran                 :
·         Tinggi    : 67 cm
·         Panjang : 61 cm
*Perbedaan dari aslinya adalah kurang lebih 3cm
Akita Inu mempunyai bulu yang panjang dan tebal, sehingga perawatannya tidak begitu rumit. Saat pergantian bulu, kita perlu menggunakan sikat yang lebih rapat, sehingga bulu pada lapisan bawah bisa ikut terangkat dan tidak banyak bulu rontok yang berterbangan. Namun jangan menyisir terlalu sering, karena hal ini bisa menyebabkan lapisan bawah (undercoat) menjadi rusak.
Anjing jenis ini merupakan anjing yang cukup pandai, dan penurut, sehingga tidak terlalu susah untuk melatihnya. Jika anda tinggal di tempat yang ramai, maka anjing jenis ini perlu dilatih, supaya bisa dikontrol saat dia menggonggong.
Anjing ini merupakan tipe anjing yang ceria, sehingga jika anda memiliki anjing ini, anda perlu mengajaknya jalan-jalan, bermain dan terkadang berlari bersama. Akita sangat senang untuk bermain lempar dan tangkap bola. 
Anjing jenis ini lebih cenderung terlihat panjang. Akita mempunyai dada yang lebar, sehingga terlihat sangat gagah. Mereka mempunyai ekor yang tinggi dan sedikit melengkung. Kakinya sangat kaku dan kuat dengan siku yang berdekatan, dan permukaan kaki nya bundar, dengan jari kaki yang rapat.
Pada bagian kepalanya, Akita mempunyai bentuk tengkorak yang datar, dan besar pada bagian depan. Pipinya lebar, dan moncongnya panjang serta kuat. Telinganya berbentuk segitiga dan berdiri (straight ear). Telinga Akita tebal dan selalu mengarah kedepan. Telinga ini merupakan ciri khas utama dari Akita. Gigitan Akita sangat kuat, jadi jangan coba-coba untuk memberikan tangan anda secara sukarela :)

Watak dari Akita adalah terkadang galak dengan orang lain, dan sensi, namun bijaksana, pandai, dan friendly. Pada saat tertentu Akita lebih suka menyendiri dan kadang bersifat ingin menguasai sesuatu.  Akita tidak suka beramah-ramah dengan orang yang tidak ia kenal. Mereka tidak suka bergaul dengan anjing lain. Karena instinc berburu nya masih kental, maka jangan coba-coba untuk mencampurkan kucing dalam satu rumah (walaupun di samping ada foto Akita sedang tersenyum, tapi jangan dikira tidak galak ya.. hehehe). Mereka tidak berbahaya terhadap anak-anak, dan malah melindunginya, namun akita tidak suka bermain dengan anak-anak.
 Di sebelah kiri, terdapat foto Akita Inu yang sudah kuno. Ini adalah foto Hachiko, Akita Inu di Jepang saat ia masih hidup. Ia selalu menunggu kepulangan dari majikannya selama 10 tahun, sampai akhirnya ia wafat di depan stasiun. 
  Hachiko dipelihara oleh profesor Ueno pada tahun 1924. Hachiko selalu menanti kedatangan majikannya dari bekerja di depan stasiun Shibuya, Jepang. Namun pada tahun 1925, profesor Ueno tidak pernah kembali dari pekerjaanya karena meninggal. Hachiko tetap setia menunggu sampai akhirnya ia meninggal di depan stasiun tersebut.
Hachiko menjadi pertanda kesetiaan bagi orang Jepang. Makamnya dihias dan dirawat dengan baik. Bahkan, orang Jepang membangun patung Hachiko di depan stasiun Shibuya sebagai penghargaan atas kesetiaannya.  

Hachiko sempat di film kan ke dalam beberapa film, diantaranya pada tahun 1987 dengan judul "The tale of Hachiko". Film ini mengulas dari awal lahir sampai meninggalnya Hachiko. Karena film ini sukses, maka pada tahun 2009 kemarin, Hachiko di film kan lagi dengan judul "Hachi: a dog's tale". hampir mirip ya? hehehe. Pada tahun 2004, Hachiko juga menjadi inspirasi bagi buku anak-anak, "Hachikō: The True Story of a Loyal Dog". Kisah setia Hachiko si Akita Inu ini, telah menyebar ke seluruh dunia.
berikut adalah foto-foto Hachiko:
 foto diatas adalah foto makam Hachiko
 Foto ini adalah tiruan Hachiko yang terletak di museum National Science of Japan
Ini adalah patung Hachiko di depan stasiun Shibuya

thank you for reading ^^

1 comment:

Unknown said...

aku suka banget sama cerita anjing ini... sungguh membuat kita berfikir kenapa kita perlu menganiaya mereka.. jika mereka bisa begitu baik dan setia terhadap kita... i like u hachiko... semoga kamu bertemu tuan mu di surga...