Wednesday, May 9, 2012

Golden Retriever


Asal negara         : Inggris
Fungsi awal         : mengambil hasil buruan unggas air
                Tinggi badan golden retriever sekitar 56-61 cm. Beratnya sekitar 27-33 kg. Cukup besar untuk seekor anjing. Anjing ini terkenal dengan soft-mouth nya, mereka mampu mengambil  telur tanpa pecah. Fungsi anjing yang sebagai mengambil unggas air, masih berlaku sampai sekarang. Banyak orang di luar negeri yang memakai golden retriever untuk melakukan tugas tersebut. Namun memang, golden retriever adalah anjing yang suka air, suka berenang, dan mempunyai kaki lebar yang cocok digunakan untuk berenang.
                Menurut saya, golden retriever ini adalah anjing tercantik yang pernah aku pelihara, karena bulu mata nya yang panjang, dan bentuknya pun proporsional. Saat terkena matahari, bulunya bersinar seperti emas, dan karena itu lah namanya golden.  Panjang moncong nya sedang-sedang saja, namun sangat ideal. Telinganya pun biasanya mempunyai tinggi yang sama dengan mata mereka. Saat masih anak-anak, warna golden retriever itu sangat muda. Bila anda ingin mengetahui warna mereka setelah dewasa, coba cek pada bagian telinga, karena warna telinga itu menunjukkan warna bulu saat mereka dewasa.
                Untuk sifatnya, golden retriever ini sangat ramah, dan bisa bersosialisasi dengan mudah. Baru 1 kali saya mendengar, bahwa ada anjing golden yang menggigit manusia, dan berita itu menjadi sangat heboh, karena hal itu memang tidak lazim dilakukan oleh golden. Mereka ini sedikit menggonggong (lebih cenderung ke malas sih), mudah beradaptasi, dan punya indra penciuman yang sangat tajam. Golden sangat sensitive dan peka dengan bentakan atau teriakan, ia juga tidak suka ditinggal sendirian didalam rumah.
                Untuk olahraga, golden retriever sangat suka untuk berlari dan bermain air. Mereka juga suka menikmati saat-saat mandi. Anjing ini memang suka curiga dengan tamu atau pendatang baru, namun mereka juga cepat akrab. Tidak masalah jika golden di campur dengan hewan peliharaan lain, walaupun memang perlu adanya sosialisasi terlebih dahulu. Hati-hati dengan sifatnya yang tidak suka protes dan mengeluh, jika ada suatu yang aneh dengan golden, segera periksakan dia ke dokter hewan.
                Saat dilatih, golden itu sangat cepat memahami dan mengerti, karena anjing ini memang pintar. Jika bisa, ajaklah anjing ini jalan-jalan setiap hari, karena mereka sangat suka berada di luar rumah. Namun tidak hanya bermain saja, mereka juga butuh perawatan dan penyisiran yang lumayan sering, karena bulunya yang mudah rontok. Blia bulu anjing pom rontok menggumpal, lain hal nya dengan golden, karena bulu mereka akan rontok per helai dan itu sangat tipis, sehingga sering menempel pada perabot rumah atau pada kaos kita.
                Untuk masalah kesehatan, memang anjing ini memiliki masalah kesehatan. Karena lincah dan suka berlari-lari, tulang anjing ini bisa saja aus atau bergeser, dan hal ini menyebabkan rasa yang sangat sakit. Segera periksakan ke dokter jika ada keanehan pada cara berjalannya. Dan satu issue yang sering terjadi adalah kanker. Golden sangat rawan terkena kanker.
                Golden menyukai tempat yang dingin, karena itu, saat merawat mereka, kalau bisa diberi ruangan ber ac, namun tidak wajib juga sih, karena saat merawatnya dulu, aku juga tidak memberikan ruangan ac untuk anjing. Hehehe.. dan kalau bisa, saat ingin memelihara anjing ini, sesuaikan dengan rumah anda, karena mereka suka berlari, jadi lebih cocok untuk tinggal di rumah yang lumayan besar.

This posts is dedicated to my dog, Bonna Von Goldy who passed away a year ago ( may 16, 2011) because of blood cancer. She is 2 years old. We love and miss u Bonna....

                

3 comments:

Jessi93 said...

aaah...:'( sedihnya..
in memoriam bona y...

Melly Cahyani said...

iya.. besok 1 tahun kematian bonna jess.. so sad ya,..

Unknown said...

Kak, aku punya golden umur 3 bulan. Dr datang sampe sekarang udh 3 minggu di rumah. Lemas terus. Di ajak main kadang dia mau kadang gak mau itupun mainnya cuma sebentar aja. Aku baru pertama kali pelihara golden.